Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terdiri atas 40 kecamatan dan 417 desa. Daerahnya sendiri terdiri dari perkotaan hingga pelosok pedalaman dengan jumlah penduduk sekitar lima juta jiwa. Karena itu, tak aneh apabila masih banyak warga Bogor yang berada dalam garis kemiskinan.

Untuk menekan angka kemiskinan itu, Pemkab Bogor melalui Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) terus berupaya melakukan berbagai macam cara guna mencari solusi dan menuntaskan persoalan itu di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Seksi Bantuan dan Perlindungan Sosial Dinsosnakertras Kabupaten Bogor Dian Mulyadiansyah dalam acara Pelatihan Pengembangan Kapasitas Ekonomi Melalui Pola Kemitraan Sosial menuturkan, pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bogor merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. “Mari bersama-sama kita lakukan pengentasan kemiskinan ini. Masyarakat tidak mampu pasti akan dibantu pemerintah. Bantuan yang ada diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, sambung Dian, diikuti 50 peserta yang dibagi atas sepuluh kelompok dengan masing-masing kelompok lima peserta. Pelatihan tersebut berlangsung delapan hari kalender. Mereka terus digenjot agar tetap memiliki keterampilan yang diharapkan dapat bermanfaat di kemudian hari.

Dian menambahkan, dana yang digunakan bersumber dari APBD Kabupaten Bogor. “Setidaknya setelah mereka berhasil untuk berwirausaha, mereka tak lagi masuk daftar kemiskinan,” harapnya.

Sumber: www.metropolitan.id



2017 © Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi