Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bogor belum lama ini menyabet penghargaan standar manajemen mutu berskala internasional dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemenakertrans RI).

Penghargaan tersebut diraih karena Dinsosnakertrans berhasil mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada pencari kerja melalui sistem manajemen mutu (ISSO:9001), khususnya di penempatan ketenagakerjaan sejak 2014–2016.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor Yous Sudrajat menuturkan, kondisi ketenagakerjaan saat ini sangat krusial, di mana lulusan dari tahun ke tahun selalu bertambah, baik SMA maupun sarjana.

“Dari data Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor, ada ketidakseimbangan antara jumlah pencari kerja dengan lowongan yang tersedia,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin. “Kami selalu berupaya agar pencari kerja da­pat dipersiapkan dengan matang. Sebab, itu akan meningkatkan kompetensi mereka melalui Balai Latihan Kerja (BLK) yang telah ada,” sambungnya.

Informasi pasar kerja online, lanjut Yous, dapat diakses melalui website infokerja.kemnaker.go.id. Melalui program sistem manajemen mutu ISO:9001 sejak 2014-2016, pihaknya berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), petugas teknis pe­layanan, sarana prasarana pendukung pelayanan pencari kerja yang optimal dan profesional.

“Kami berkomitmen meningkatkan pelayanan dan mempertahankan pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO: 9001 sejak 2014 sampai sekarang di bidang penempatan tenaga kerja dan aktif mengelola Informasi Pasar Kerja Online (IPKOL),” jelasnya.

Melalui pelayanan berstandar ma­najemen mutu, jelas Yous, Dinsosnakertrans mendapatkan penghargaan dalam pelayanan kepada pencari kerja dari Menteri Tenaga Kerja lima terbaik di Indonesia dan satu terbaik yang mewakili Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan konsistensi manajemen mutu melalui ISO:9001 sejak 2014 sampai dengan sekarang di bidang penempatan dan aktif mengelola IPKOL.

“Alhamdulillah, bulan ini kami menda­patkan penghargaan manajemen mu­tu melalui standar internasional dan Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor merupakan satu dari lima dinas lainnya di Provinsi Jawa Barat yang mendapatkan penghargaan nasional tersebut,” jelasnya. “Di Jawa Barat, kami menjadi wakil Kabupaten Bogor. Saya bangga, karena dapat membawa nama baik Kabupaten Bogor di tingkat nasional,” ungkapnya.

Ke depan, dia berharap Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. “Semoga dapat lebih ditingkatkan lagi, baik dari kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana prasara­nanya, sehingga lebih baik lagi,” pung­kasnya.

Informasi yang dihimpun, berdasarkan data 2015, Jumlah Angkatan Kerja (JAK) secara keseluruhan berjumlah 2.313.606 jiwa dan Jumlah Pengangguran (JP) sebanyak 182.300 jiwa serta Jumlah Pencari Kerja (JPK) 15.689 jiwa dan Jumlah Lowongan (JL) yang tersedia 9.187 lowongan dengan Jumlah Penempatan (JP) 5.079 penempatan.

 

Sumber: www.metropolitan.id



2017 © Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi