Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor sebesar Rp300 juta, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) belum lama ini memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Bogor. Bantuan tersebut sebelumnya disosialisasikan melalui pendamping atau petugas Program Keluarga Harapan (PKH) di tiap kecamatan se-Kabupaten Bogor dan terpilihlah 20 pelajar dari setiap wilayah untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala Bidang Sosial Lenny Rachmawati menuturkan, bantuan tersebut bertujuan agar ada perubahan secara pasti melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya anggota keluarga kurang mampu dan untuk percepatan pengentasan angka kemiskinan.

“Melalui anak-anak tentunya memiliki keinginan dan kemampuan serta tekad yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Diharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan angka kemiskinannya ditekan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Lenny mengatakan, saat ini ada 20 pelajar yang terdaftar di Dinsosnakertrans yang akan mendapatkan bantuan beasiswa. Bantuan tersebut bakal disesuaikan dengan kurun waktu mereka mengambil jurusan perkuliahan.

Sedangkan Kepala Seksi Bantuan Perlindungan Sosial (BPS) Dian Mulyadiansyah mengatakan, pemberian beasiswa bagi keluarga tidak mampu dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik mungkin. ”Setidaknya setelah lulus nanti, mereka mendapat pekerjaan dan dapat mengangkat martabat keluarga,” ujarnya. Tak hanya itu, lanjut Dian, penerima manfaat itu pun akan terus dikontrol selama masa perkuliahan.

 

Sumber: www.metropolitan.id



2017 © Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi